Laporan Keuangan Dinilai Transparan, Golkar Jabar Meraih Penghargaan Dari KPI

 Laporan Keuangan Dinilai Transparan, Golkar Jabar Meraih Penghargaan Dari KPI

PLT Ketua DPD Golkar Jawa Barat TB H. Ace Hasan Syadzily didampingi Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu DPD Golkar Jawa Barat Asep Suparman

Kota Bandung – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Barat (Jabar) meraih penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tingkat Jabar tahun 2021, dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Jabar, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/12/2021).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Ace Hasan Sadzily, Plt Ketua Golkar Jabar.

Pada kesempatan itu Gubernur Jabar meminta kepada seluruh instansi pemerintahan maupun badan usaha milik daerah (BUMD) termasuk partai politik, untuk terbuka kepada masyarakat. Karena menurutnya, hal tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Uang rakyat kembali ke rakyat maka siapapun institusi yang menerima uang rakyat itu harus mempertanggungjawabkan penggunaannya melalui keterbukaan informasi,” ucapnya.

Selain institusi pemerintahan, Ridwan Kamil juga meminta kepada institusi publik lainya untuk terbuka dalam membagikan informasi masyarakat. Karena institusi publik ini juga mendapatkan dana yang berasal dari masyarakat.

“Ada BUMD, ada institusi publik lain yang menerima anggaran dari masyarakat dari rakyat. Termasuk organisasi yang mendapatkan hibah, jangan menganggap sudah terima hibah terus selesai. Uangnya kemana, menjadi apa, masyarakat perlu tahu penggunaanya seperti apa,” jelas pria yang kerap disapa Emil.

Keterbukaan informasi yang dimaksud bukan hanya dalam hal uang, melainkan juga dari sisi kebijakan serta program yang akan dan sudah dijalankan.

Sementara itu Djoko Roespinoedji, Bendahara Golkar Jabar saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengungkapkan bahwa selama ini laporan keuangan partai Golkar dinilai oleh KIP Jabar memiliki pelaporan yang terbuka untuk publik.

“Memang ketika kami memberikan laporan kami (Golkar Jabar), semuanya ada di website, masyarakat luas juga bisa melihatnya. Sehingga pelaporan kami sangat terbuka,” kata Djoko.

“Sehingga wajar kami disebutkan pertama di hadapan Pak Gubernur sebagai partai politik yang memiliki keterbukaan publik. Melaporkan segala kegiatannya termasuk laporan keuangan,” imbuhnya.

Diketahui Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tingkat Jawa Barat tahun 2021 diselenggarakan Komisi Informasi Jawa Barat, diberikan kepada perangkat daerah di Pemda Provinsi Jawa Barat, badan publik vertikal, pemda kab/kota, dan partai politik.

Daftar Penerima Anugerah KIP Tingkat Jabar 2021

Perangkat Daerah Prov Jabar

– Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah
– Badan Pendapatan Daerah
– Dinas Perindustrian dan Perdagangan
– Pusat Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Daerah
– Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura
– Dinas Kehutanan
– Dinas Koperasi dan UMKM
– Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Badan Publik Vertikal

– Bawaslu Jawa Barat
– KPU Jawa Barat

Pemda Kabupaten/Kota

– Pemerintah Kota Bekasi
– Pemerintah Kota Bandung
– Pemerintah Kabupaten Bandung
– Pemerintah Kota Tasikmalaya

Partai Politik

– Partai Golkar
– Partai PDI Perjuangan
– Partai PKS
– Partai Gerindra. [SR]**6

Bagikan dengan klik salah satu sosmed dibawah ini :

Golkar Jawa Barat

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.