Carikan Solusi Untuk Tenaga Honorer, Sebelum Dihapus Di November 2023

 Carikan Solusi Untuk Tenaga Honorer, Sebelum Dihapus Di November 2023

BANDUNG – Pemerintah berencana akan menghapus tenaga honorer di lingkup kerja birokrasi pada November 2023, hal itu dikhawatirkan akan menambah angka pengangguran di Indonesia termasuk di Jawa Barat (Jabar).

Anggota Fraksi Golkar DPRD Jabar, Reynaldi untuk itu meminta agar pemerintah melakukan upaya mencarikan solusi nasib para tenaga honerer sehingga tidak berdampak pada meningkatknya angka pengangguran, baik secara nasional khususnya di Jabar

“Sebelum kebijakan penghapusan tenaga honorer tersebut diberlakukan, sebaiknya dibahas terus menerus oleh pemerintah hingga terdapat solusi yang baik,” katanya.

Kepada Golkarjabar.info, Sabtu (18/6/22), Reynaldi yang duduk di kursi Komisi I DPRD Jabar tersebut juga mengingatkan pemerintah bahwa ketika angka pengangguran bertambah, maka akan berdampak pada aktivitas ekonomi nasional dan di Jabar.

“Terlebih, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tidak adanya lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) menjadi salah satu penyebab pengangguran masih cukup tinggi hingga saat ini, terlepas terdapat P3K,” imbuhnya.

Sqlah satu faktor yang meningkatnya angka pengangguran, lanjut Reynaldi, yakni akibat serapan tenaga kerja di sektor administrasi pemerintah diketahui jumlahnya terus menurun sepanjang 2022 ini.

“Ini terjadi secara nasional ataupun di Jabar,
tenaga honorer nasibnya belum jelas, bisa menambah angka penganguran, bisa berdampak ke ekonomi nasional termasuk menurunnya daya beli,” ungkapnya.

Oleh karena itu, perlu adanya pembahasan lintas sektoral melalui Kementerian PAN RB, Kemendagri, dan Kementerian Tenaga Kerja guna menyusun strategi agar tenaga honorer di pemerintahan mendapatkan solusi.

“Sejauh ini, baru ada solusi bagi tenaga honorer bidang pendidik, sementara tenaga honorer seperti bidang kesehatan, tenaga penyuluh dan tenaga administrasi belum ada solusi konkret,” pungkasnya.@eko.

Bagikan dengan klik salah satu sosmed dibawah ini :

MPO GOLKAR JAWA BARAT

https://golkarjabar.com

Related post