Berkunjung Ke Lokasi Banjir Bandang Di Garut, AMPI Jabar Ungkap Hal Ini..

 Berkunjung Ke Lokasi Banjir Bandang Di Garut, AMPI Jabar Ungkap Hal Ini..

GARUT – Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Barat (Jabar), Ahmad Hidayat menyebutkan, alih fungsi lahan kawasan hulu sungai diduga menjadi peyebab terjadinya banjir bandang di Kabupaten Garut, Jumat (15/7/22).

Minggu (17/7/22), Anggota Fraksi Golkar DPRD Jabar tersebut mengatakan, selain dugaan alih fungsi kawasan hulu sungai, curah hujan yang tinggi, juga kemudian menjadi pemicu meluapnya sungai karena tidak terserap kawasan hulu.

“Informasi yang kami terima ada pembabatan hutan, kemudian hutan lindung dipakai untuk hutan produktif, pembangunan dan lain sebagainya,” katanya.

Dilokasi banjir bandang Kecamatan Garut Kota Kabupaten Gatut, Ahmad menjelaskan, peristiwa banjir bandang ini tidak kemudian terjadi begitu saja, dan masyarakat setempat dihimbau agar tidak melakukan tindakan yang dapat menimbulkan terjadinya bencana.

“Sekali lagi, diduga penyebab bencana ini akibat persoalan di hulu sungai, jadi masyarakat harus paham, terutama yang ada di hulu, jangan kemudian melakukan tindakan yang bisa menyebabkan terjadinya bencana,” jelasnya.

Terakhir, dalam kunjungan AMPI Jabar ke lokasi banjir bandang tersebut, Ahmad beeharap agar masyarakat kedepan bisa menggarap lahan secara rasional sehingga tidak berdampak pada hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya banjir bandang ini.

“Mudah-mudahan kedepan tidak terjadi peristiwa serupa, tapi bukan kemudian menganggap bahwa peristiwa ini akibat ulah manusia, namun pada dasarnya hasil kajian pemerintah mengungkap adanya masalah diduga dihulu sungai,” pungkasnya.@eko

Bagikan dengan klik salah satu sosmed dibawah ini :

MPO GOLKAR JAWA BARAT

https://golkarjabar.com

Related post